Sunday, April 15, 2012

Peraturan Sepak Bola Mengenai Pertandingan Home Away

Sebuah pertandingan sepak bola yang di kategorikan home and away adalah pertandingan yang melibatkan dua tim, di mana setiap tim mendapatkan satu kali kesempatan untuk bertindak sebagai tuan rumah (home). Selain bertindak sebagai tuan rumah, tim yang terlibat juga harus melakukan pertandingan di kandang lawannya (away). Berbeda dengan pertandingan tunggal yang hasil akhirnya masih di izinkan dengan hasil imbang, di pertandingan sepak bola home away setelah melakukan dua pertandingan tersebut harus menghasilkan pemenang.
Pada keadaan tertentu, setelah dua pertandingan yang di lalui kedua tim mendapatkan hasil keseluruhan yang imbang. Pada kondisi inilah di perlukannya sebuah peraturan untuk memastikan siapa yang berhak menjadi pemenangnya. Untuk mengetahui peraturan sepak bola mengenai pertandingan home away ini, stadion sepak bola akan memberikan informasi singkat agar ketika menjadi pengelola sebuah kejuaraan bisa menentukan pemenangnya.
  • Gol Away (gol di kandang lawan)
    • jika dalam sebuah pertandingan berakhir imbang maka hal pertama yang di lihat adalah jumlah gol yang di hasilkan oleh sebuah tim dalam pertandingan away nya.
    • contoh : tim A (2) vs tim B (1) , tim B (1) vs tim A (0), agregat 2-2. Karena tim B menjecatak 1 gol di kandang tim A, maka tim B lah yang akan menjadi pemenangnya.
    • hitungan mudahnya, setiap gol yang di buat di kandang lawan di kalikan dua (2)
  • Perpanjangan waktu
    • jika dalam sebuah pertandingan berakhir imbang dan selisih gol awa sama, maka pertandingan di lanjutkan dengan perpanjangan waktu setelah pertandingan kedua selama 2x15 menit.
    • contoh : tim A (1) vs tim B (0) , tim B (1) vs tim A(0), agregat 1-1. Setelah pertandingan kedua (tim B vs tim A) di lanjutkan dengan perpanjangan waktu.
  • Adu tendangan penalti
    • ketika pada kondisi kedua (perpanjangan waktu) skor agregat masih imbang, maka pertandingan di lanjutkan dengan adu tendangan penalti. Adapun tata cara pelaksanaan ketika melakukan adu tendangan penalti ini adalah :
      • wasit memilih gawang mana yang menjadi lokasi untuk melakukan adu tendangan penalti ini.
      • wasit melakukan pengundian koin di antara kedua kapten dari masing-masing tim untuk menentukan siapa yang melakukan tendangan pertama.
      • wasit mencatat nama pemain yang akan melakukan tendangan penalti.
      • pada kondisi normal, pemain yang melakukan adu tendangan penalti ini adalah lima pemain dari masing-masing tim.
      • jika dalam lima penendang pertama sebuah tim telah unggul dalam artian tidak mungkin lagi disamai oleh tim lawan, maka penendang ke-lima dari tim tersebut tidak perlu melakukan tendangan penalti lagi.
      • jika dalam lima penendang pertama menghasilkan hasil yang sama maka di tambahkan penendang lainnya di luar lima penendang pertama hingga mendapatkan pemenang. Jika keseluruhan pemain telah melakukan tendangan penalti dan hasil masih tetap imbang, maka susunan penendang kembali ke lima pemain pertama.
      • kiper yang cedera selama adu tendangan penalti ini, bisa di gantikan oleh kiper lainnya yang ada di bangku cadangan meskipun jumlah pergantian pemain telah habis.
    • gambaran posisi para pemain, wasit, dan staf pelatih dalam adu penalti ini bisa di lihat seperti gambar berikut ini :
adu tendangan pinalti
Demikianlah peraturan sepak bola mengenai pertandingan home away ini dapat di informasikan. Semua peraturan di atas sesuai dengan standar yang telah di tetapkan oleh FIFA selaku organisasi sepak bola tertinggi di dunia. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Peraturan Lainnya :
Mengenai Lapangan
Mengenai Perlengkapan
Mengenai Pertandingan

Share this

5 Responses to "Peraturan Sepak Bola Mengenai Pertandingan Home Away"

  1. Gan, aku ngopy artikelnya ya hehe buat bahan-bahan karya tugas ilmiah. :)
    nice i like it ...

    ReplyDelete
  2. sip gan..
    semoga tugas nya mendapatkan hasil yang memuaskan ya..

    ReplyDelete
  3. kalau misalnya kan Tim A 3 - 1 tim B terus leg kedua nya Tim B 2 - 1 Tim A menang mana tuh min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menang tim A dong sob, aggregatnya kan 4-3 buat tim A

      Delete
  4. Berguna banget ini artikelll!!<3

    ReplyDelete

Salam sportifitas..
Tinggalkan komentar anda dengan menjunjung tinggi fair play.
Sesama blogger harus saling mendukung..

Note :
Mohon maaf, komentar terpaksa saya tinjau terlebih dahulu sebelum di publikasikan karena banyaknya yang melakukan SPAM akhir-akhir ini.
(update per 25 Oktober 2012)