Friday, November 23, 2012

Tips Menjadi Pemain Sayap (Winger)

Tips menjadi seorang pemain sayap yang akan kalian dapatkan pada kesempatan kali ini adalah tips yang diberikan langsung oleh salah satu winger berbahaya yang bermain di Real Madrid, Angel Di Maria. Di Maria memberikan tips untuk bisa menjadi seperti dirinya (seorang winger murni) ini telah di muat di situs resmi Four Four Two yang menggunakan bahasa Inggris dan pada kesempatan kali ini tips menjadi pemain sayap tersebut akan saya coba menterjemaahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
Berikut ini adalah tips untuk menjadi pemain winger dari Angel Di Maria.

1. Selalu Menjadi Pemain Kreatif
"Ketika menghadapi lawan dengan pertahanan yang rapat -"parking the bus"- sangat penting untuk tetap tenang dan fokus dalam menjaga bola sembari melihat celah di daerah pertahanan lawan. Sebagai seorang pemain sayap, kamu harus terus melakukan apa yang telah menjadi kewajiban di posisi tersebut; berlari ke arah pemain lawan, membuat peluang, menghasilakan pelanggaran, dan melakukan umpan silang ke kotak penalti untuk para penyerang. Untuk pemain sayap, sangat penting selalu berpikir kreatif; baik untuk melakukan sebuah perbedaan ketika menghadapi para pemain bertahan lawan dan menciptakan peluang bagi tim Anda."

2.Selalu Bergerak dan Temukan Ruang Kosong
"Di Real Madrid, para barisan penyerang diberikan kebebasan dalam melakukan pergerakan. Kami bertukar posisi dan mencari ruang kosong setiap saatnya. Jika kamu bermain melebar, kamu bisa melihat apa yang pemain lain lakukan; jika seorang pemain meninggalkan posisinya, cobalah untuk menempati posisi yang ia tinggalkan. Kamu harus selalu bergerak dan menemukan ruang kosong. Saya, Ronaldo, Benzema, Higuain, atau siapapun yang dimainkan, Mourinho meminta kami melakukan hal yang sama : Selalu bergerak, dan ketika mendekati daerah lawan cobalah untuk menarik perhatian para pemain bertahan lawan untuk memberikan kesempatan pemain lainnya menciptakan peluang."

3. Ingat : Selalu menekan
"Mourinho ingin kami selalu tampil agresif, dengan ataupun tanpa bola, dan aku harus beradaptasi dengan apa yang dia inginkan terhadap kami. Saya tau jika berada di tim yang latih olehnya saya harus terus bergerak, karena itu adalah tipe bermain saya maka saya bisa menjadi lebih baik. Saya bermain di posisi yang berbeda sekarang (dibandingkan dengan klub sebelumnya Benfica) sehingga mentalitas permainan pun berbeda. Saya tahu pelatih ingin kami terus berlari dan melakukan tekanan, tapi karena saya telah terbiasa melakukan itu, saya melakukan apa yang ada di dalam pikirannya."

4. Membuat Peluang 
"Beberapa pemain sayap sangat senang melakukan dribling sambil melewati beberapa pemain lawan, tapi penting untuk kalian ingat bahwa kalian bermain untuk tim dan berusaha untuk menciptakan peluang bagi rekan setim lainnya. Jika kalian  bisa membuat ruang kosong bagi striker atau mengirim umpan kepada mereka untuk berhadapan dalam kondisi one-on-one dengan kiper, itu berarti kamu telah menyelesaikan tugas kamu dengan sangat baik. Winger yang cepat mampu mengalahkan barisan pertahanan lawan, winger yang hebat mampu menciptakan peluang untuk mencetak gol."

5. Terus Berkembang
"Setiap tahun, kamu akan tumbuh dalam segala hal -dalam arti sepak bola maupun mental. Dan semakin banyak yang kamu dapatkan. Semakin baik kamu memahami sepak bola, semakin besar peluang berkembang kamu. Anda datang untuk mempelajari hal yang tidak Anda ketahui sebelumnya dan aku juga masih belajar untuk berkembang hingga saat ini. Sebagai contoh, saya sedang mencoba untuk meningkatkan penempatan posisi, kapan waktu harus menekan dan kapan waktu harus bertahan. Sebagai seorang pemain penyerang, Anda tidak boleh senang hati bisa menaklukkan barisan pertahanan lawan, tapi Anda harus bisa bermain seutuhnya sebagai sebuah tim."

Share this

2 Responses to "Tips Menjadi Pemain Sayap (Winger)"

Salam sportifitas..
Tinggalkan komentar anda dengan menjunjung tinggi fair play.
Sesama blogger harus saling mendukung..

Note :
Mohon maaf, komentar terpaksa saya tinjau terlebih dahulu sebelum di publikasikan karena banyaknya yang melakukan SPAM akhir-akhir ini.
(update per 25 Oktober 2012)