Monday, April 30, 2012

Serba Tertua Di Piala Eropa

Piala Eropa selalu melahirkan berbagai catatan menarik di setiap penyelenggaraan nya. Pada edisi kali ini, Stadion Sepak Bola mencoba untuk membagikan informasi menarik tersebut kepada para pembaca setia blog ini. Catatan mengenai Piala Eropa yang di bahas pada kesempatan kali ini adalah para pemain tertua yang mencatatkan nama mereka di buku sejarah penyelenggaraan kejuaraan. 

Kategori yang di maksudkan adalah : pemain tertua yang merasakan gelar juara, pemain tertua yang tampil di kejuaraan, pemain tertua di pertandingan final, dan pemain tertua yang pernah mencetak gol. Siapa saja para senior yang seakan tidak pernah merasa tua ini ? berikut adalah informasi mengenai para senior tersebut.
Pemain tertua yang menjadi juara 
Arnold Muhren (37 tahun dan 23 hari, Belanda)
Pertandingan final Piala Eropa 1988 di Muenchen, Jerman, akan selalu di ingat berkat gol voli cantik yang di buat oleh Van Basten tapi beberapa orang mengetahui apa yang telah di lakukan oleh Muhren di pertandingan tersebut. Pemain yang pernah merumput bersama Ajax, Twente, Ipswich, dan Man Utd sebagai gelandang, adalah pemain yang mengirimkan umpan kepada Van Basten untuk menciptakan gol ke-dua untuk menjadi pemenang kejuaraan.
Berkat aksi tersebut, Muhren menjadi pemain tertua yang pernah merasakan indahnya meraih trofi Piala Eropa. "Only when we came back to Holland did we realise the madness, the sheer joy and the celebrations that were going on," Ucapan Muhren setelah meraih kemenangan di pertandingan final tersebut.

Pemain tertua yang pernah tampil di Piala Eropa
Lothar Matthaus (39 tahun dan 91 hari, Jerman)
Matthaus tampil membela Tim Panzer Jerman di Piala Eropa 200 yang di selenggarakan oleh Portugal di mana pada kemudian hari sang pemain menjadi salah satu bagian sejarah sepanjang penyelenggaraan Piala Eropa sebagai pemain tertua yang pernah berpartisipasi di kejuaraan. 

Pemain yang selama karier profesional-nya pernah bermain di Monchengladbach, Bayern Muenchen, dan Inter Milan ini melewati rekor sebelumnya yang di buat oleh salah satu legenda Denmark, Morten Olsen setelah Denmark kalah dari Italia dengan skor 2-0. Pada saat itu, usia Olsen adalah 38 tahun dan 308 hari.

Pemain tertua yang tampil di partai final
Jens Lehman (38 tahun dan 232 hari, Jerman)
Kiper yang sukses berkarir ketika menjaga gawang Schalke, Dortmund, dan Arsenal ini mendapatkan gelar sebagai pemain tertua di partai final ketika mengawal gawang Jerman menghadapi Spanyol di final Piala Eropa 2008. Selama kejuaraan berlangsung, Lehman berhasil menciptakan dua kali clean sheets sebelum akhirnya di pertandingan final di taklukkan oleh gol yang di buat Fernando Torres pada menit ke-44 di Viena.

Pemain tertua yang mencetak gol
Ivica Vastic (38 tahun dan 257 hari, Austria)
Pemain yang pernah bermain di Sturm Graz dan Austia Viena ini menjadi pemain tertua yang pernah mencetak gol di putaran final Piala Eropa ketika Austria menghadapi Polandia di babak penyisihan grup Piala Eropa 2008. Gol yang di buatnya pada pertandingan tersebut menjadi gol terakhir sekaligus yang ke-14 bagi tim nasional Austria sepanjang 50 kali penampilan.

Itulah fakta menarik dari penyelenggaraan Piala Eropa yang terkadang banyak orang tidak mengetahuinya. Semoga informasi mengenai serba tertua di Piala Eropa ini bermanfaat bagi fans semuanya, dan akhirnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Share this

0 Comment to "Serba Tertua Di Piala Eropa"

Post a Comment

Salam sportifitas..
Tinggalkan komentar anda dengan menjunjung tinggi fair play.
Sesama blogger harus saling mendukung..

Note :
Mohon maaf, komentar terpaksa saya tinjau terlebih dahulu sebelum di publikasikan karena banyaknya yang melakukan SPAM akhir-akhir ini.
(update per 25 Oktober 2012)