Tuesday, November 6, 2012

Liga Champion : Real Madrid Vs Dortmund

Pertarungan sengit matchday IV liga champion kembali membara. Persaingan disetiap grupnya semakin memanas, tidak terkecuali di grup D yang menjadi grup neraka pada episode 2012/13 ini. Pertarungan sengit antara Real Madrid menghadapi Dortmund di Santiago Bernabeu tentu akan menghasilkan pertandingan yang ketat mengingat kekalahan yang di derita oleh Madrid ketika berkunjung ke markas Dortmund pada matchday III.
Sebelum menyaksikan ketatnya pertandingan yang akan berlangsung rabu dini hari watku Indonesia ini, ada baiknya kita melihat beberapa fakta menarik dibalik pertemuan dua penguasa di liga Spanyol dan Jerman ini.

Pertemuan terakhir
  • Madrid menyingkirkan Dortmund di semi-final liga champion 1997/98 dengan aggregat 2-0 dimana gol Madrid kala itu dicetak oleh Fernando Morientes dan Cristian Karembeu. Direktur olahraga Dortmund saat ini, Michael Zorc dan direktur pengembangan pemain muda, Lars Ricken, turut serta dalam pertandingan tersebut.
  • Madrid kembali bertemu Dortmund di penyisihan grup ke-dua musim 2002/03. Madrid meraih kemenangan 2-1 saat bertindak sebagai tuan rumah, dua gol Madrid disumbangkan oleh Raul Gonzalez dan Ronaldo sedangkan 1 gol balasan Dortmund dicetak oleh Jan Koller. Enam hari kemudian, Koller kembali mencetak gol untuk membawa Dortmund unggul sebelum skor akhir berubah menjadi 1-1 setelah Javier Portillo mencetak gol di perpanjangan waktu.
  • Line up pertandingan terakhir [19 Februari 2003] :
    • Madrid : Casillar, Salgado, Helguera, Pavon, Roberto Carlos, Flavio Conceicao, Makelele, Figo, Raul, Zidane (Solari 81'), Ronaldo (Guti 74').
    • Dortmund : Lehmann, Evanilson (Ricken 83'), Metzelder, Worns, Dede, Reuter (Kehl 76'), Frings, Ros, Ewerton, Koller, Amoroso (Reina 67').
  • Sebastian Kehl dan Roman Weidenfeller masih berada dilapangan Dormund pada pertandingan esok, sedangkan di Madrid hanya menyisakan Iker Casillas dari pertemuan terakhir di Bernabeu.
Latar belakang pertandinga
  • Termasuk kemenangan 3-2 atas Manchester City di matchday I, Real Madrid meraih tujuh kemenangan beruntun di Liga Champion dengan mencetak total 27 gol.
  • Rekor Madrid ketika menjamu wakil dari Jerman adalah 18 kali menang, tiga kali imbang, dan dua kali kalah. Rekor ini termasuk ketika mengalahkan FC Koln 5-1 di leg pertama final piala UEFA 1985/86. Musim lalu, Madrid mengalahkan Bayen Munchen 2-1 di laga kandang, tapi tersingkir dari semi-final karena kalah dalam adu penalti. Bayern Munchen adalah satu-satunya tim Bundesliga yang mampu meraih kemenangan di Bernabeu.
  • Dortmund memiliki rekor yang mengkhawatirkan ketika berkunjung ke bumi Matador dengan catatan satu kali menang, dua kali imbang, dan lima kali mengalami kekalahan. Hasil ini termasuk ketika kalah 2-0 dari Barcelona di pertandingan Piala Super Eropa 2997. Satu kemenangan diraih saat menaklukkan Atletico Madrid di babak penyisihan grup liga champion 1996/97.
  • Kunjungan terakhir Dortmund ke Spanyol pada musim 2010/11 saat menghadapi Sevilla di babak penyisihan grup Europa League. Membutuhkan kemenangan untuk lolos kebabak selanjutnya, Dortmund hanya mampu meraih hasil imbang 2-2.

Share this

0 Comment to "Liga Champion : Real Madrid Vs Dortmund"

Post a Comment

Salam sportifitas..
Tinggalkan komentar anda dengan menjunjung tinggi fair play.
Sesama blogger harus saling mendukung..

Note :
Mohon maaf, komentar terpaksa saya tinjau terlebih dahulu sebelum di publikasikan karena banyaknya yang melakukan SPAM akhir-akhir ini.
(update per 25 Oktober 2012)